Menjalankan blog lewat hp terkadang punya kendala dan juga tantangan tersendiri. Baik itu tampilan dan ukuran layarnya yang kecil, keyboard hp yang tidak selengkap keyboard komputer/laptop dan juga sulitnya optimasi artikel atau tema blognya. Namun, apabila semua itu kita jalankan dengan sungguh-sungguh hal tersebut tidak menjadi masalah.



Dan bahkan malah kita merasa terbiasa menggunakan hp yang akhirnya nanti menjadi bisa menjalankan blog lewat hp tanpa terkendala oleh hal-hal diatas. Serta sekarang ini dalam menjalankan blog lewat hp dapat dibantu oleh aplikasi tambahan, misalnya dengan mengetik artikel di notes/ms. word hp, menggunakan browser chrome atau yang lainnya untuk membuka blognya, dan juga memasang keyboard tambahan yang mirip laptop/PC untuk membantu proses optimasi.



Dari semua aplikasi tambahan di atas pastinya untuk browser Chrome dan notes sudah ada aplikasi bawaan dari hp itu sendiri. Sekarang yang dibutuhkan tinggal keyboard mirip PC yang dapat membantu proses optimasi. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan apa aplikasi yang bisa digunakan sebagai keyboard tambahan.



Aplikasinya adalah Hacker's Keyboard. Dan saya pun juga menggunakannya, karena untuk menjalankan blog ini saya juga menggunakan hp. Dan hp saya adalah xiaomi S2. Yah bisa dibilang hp kentang yang speknya tidak terlalu lengkap. Namun, untuk menjalankan blog ini juga masih lancar dan untuk kendalanya cuma ada sedikit rasa malas saat menjalankan blog lewat hp. Hehe...



Memang saya memilih Xtgem ini karena selain mudah dijalankan lewat hp dan juga mengoptimasi template maupun artikelnya juga tidak terlalu sulit. Dan yang tentunya Xtgem ini gratiss. wkwkkwkw. Serta sekalian merasakan mengoptimasi artikel secara manual sambil belajar HTML dan CSS.



Oke, langsung saja kita kembali ke pembahasan tentang aplikasi keyboard. Namun apabila hp kalian belum terinstal keyboard ini, kalian dapat menginstalnya melalui Google Play Store. Dan kira-kira tampilan aplikasinya seperti gambar berikut.
image



Dan setelah kalian memasang aplikasi keyboard tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan keyboard tersebut untuk bisa digunakan pada hp kalian. Serta cara mengaktifkannya adalah bukalah aplikasi tersebut dan tampilannya kira-kira sebagai berikut.
image
Setelah itu kalian bisa mengklik pilihan enable keyboard seperti yang terdapat pada gambar di atas. Dan setelah kalian memilihnya, nanti akan diarahkan ke pengaturan hp kalian tentang penggunaan keyboard. Setelah itu kalian bisa memilih Hacker's Keyboard untuk diaktifkan dan mematikan keyboard yg lain. Nanti tampilannya kira-kira adalah seperti gambar berikut ini.
image



Nah, setelah semuanya teraktifkan, maka kalian tinggal menyeting keyboard tersebut. Apabila saat hp kalian dalam posisi potrait dan ingin menampilkan keyboard mirip laptop/PC. Maka kalian harus memilih seperti pada gambar berikut ini.
image
Begitu pun pada saat posisi landscape jika ingin mempunyai tampilan keyboard seperti laptop/PC. Maka kalian juga harus memilih pengaturan seperti pada gambar berikut ini.
image



Nah, setelah kalian mengatur semuanya seperti itu. Maka keyboard tersebut sudah bisa digunakan. Namun apabila mengalami kendala saat menggunakannya, kalian dapat meniru settingan yang saya gunakan. Karena dengan settingan tersebut, keyboardnya dapat berjalan lancar saat saya gunakan pada hp saya. Gambar settingannya adalah berikut ini.
image
image
image
image
image
Dan untuk tampilan hasil keyboard yang akan digunakan adalah seperti pada gambar berikut ini.
image
image



Dan settingan yang saya gunakan seperti itu. Semoga juga dapat diterapkan di hp kalian dan tentunya dapat berjalan lancar dan nyaman digunakan. Dan satu lagi, memang saat hp kita dalam posisi potrait keyboard yang ditampilkan bisa dibilang terlalu kecil dan untuk mengetik sering salah pencet. Maka untuk mengatasi masalah tersebut, kalian dapat memilih settingan pada posisi potrait menjadi 4-row Gingerbread Layout.



Dan maka nanti hasilnya akan menjadi keyboard pada umumnya saat posisi hp kalian potrait. Namun, pada saat posisi landscape keyboard yang ditampilkan masih tetap mirip dengan keyboard laptop/PC. Serta saat kalian ingin mengoptimasi blognya maka kalian tinggal memposisikan hpnya menjadi landscape dan saat ingin mengetik artikel bisa menggunakan posisi potrait.



Memang untuk yang belum terbiasa menggunakannya akan terbilang sulit dan kurang nyaman. Akan tetapi kalau kalian terbiasa menggunakan keyboard tersebut bisa dipastikan tak menjadi masalah dan bisa berjalan nyaman-nyaman saja. Saya pun awalnya juga merasa begitu, namun lama-kelamaan juga merasa terbiasa juga dan sampai sekarang saya masih menggunakannya untuk membantu mengelola blog ini.



Dan demikianlah pembahasan mengenai aplikasi keyboard yang dapat digunakan untuk membantu mengoptimasi blog yang kita punya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.SEKIAN DAN TERIMA KASIH