Tentunya ada yang penasaran bagaimana cara mesin pencari mengindeks suatu website atau blog. Dan di luar sana ternyata terdapat banyak sekali website/blog yang menerbitkan postingan secara rutin yang dapat terindeks oleh mesin pencari. Untuk mengetahui lebih tentang hal itu, kita pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya sitemap.



Apa itu Sitemap? Sitemap merupakan sebuah file-file website/blog yang tersusun dalam bentuk xml atau html. Dan fungsi dari sitemap tersebut adalah untuk memudahkan mesin pencari merayapi/mencrawl web/blog dengan melalui sitemap tersebut. Bisa diartikan bahwa sitemap tersebut menjadi alat pembantu yang memudahkan suatu mesin pencari dalam mengindeks suatu web/blog.



Namun, pada kesempatan kali ini saya hanya akan menjelaskan bagaimana cara membuat sitemap blog di Xtgem. Sebab untuk platform Xtgem ini tidak menyediakan sitemap secara otomatis dan harus dilakukan secara manual. Akan tetapi kalian tidak usah kuwatir, karena dalam pembuatan sitemapnya juga tidak terlalu sulit. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan sitemap blog di Xtgem.



Pertama kalian harus mengunjungi website yang menyediakan pembuatan site map. Alamat websitenya adalah seperti XML-SITEMAPS.COM atau kalian dapat langsung klik link tersebut. Nanti kira-kira tampilannya adalah seperti gambar berikut ini.
image



Nah, setelah kalian mengunjungi websitenya. Maka langkah selanjutnya adalah memasukkan link url alamat blog yang akan dibuatkan sitemapnya. Dan contohnya adalah seperti gambar berikut ini. Setelah itu klik start dan tunggulah sampai prosesnya selesai. Kemudian setelah selesai kalian dapat mengunduhnya.
image



Setelah sitemap tadi selesai diunduh, maka selanjutnya adalah menguploadnya pada file direktori root di Xtgem. Serta format namanya adalah sitemap.xml. Kira-kira tampilannya seperti pada gambar berikut yang telah saya beri kotak.
image

Baca Juga :
Cara Mendaftarkan Blog di Google Search Console

Dan setelah selesai menguploadnya maka kalian pergilah ke Google Search Console dan pilihlah menu peta situs. Kira-kira tampilannya seperti gambar berikut ini.
image
Dan kemudian tuliskan sitemap.xml dan lalu klik kirimkan. Nanti tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.
image



Tunggulah sampai proses pengiriman selesai. Kalau sudah selesai maka sitemap blognya telah berhasil dibuat. Dan semoga saja artikel-artikel yang terdapat dalam blog kalian cepat terindeks semua.



Demikianlah pembahasan mengenai pembuatan sitemap blog di Xtgem. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. SEKIAN DAN TERIMA KASIH.