Untuk yang ingin blognya terindeks dengan cepat oleh Google, biasanya pasti akan mendaftarkan alamat blognya ke Google Search Console. Apa itu Google Search Console? Google Search Console adalah suatu alat untuk menampilkan pengindeksan artikel dan juga mempermudah pengindeksan artikel blog. Dan cara kerja Google Search Console ini adalah mempercepat pengindekasan artikel yang alamat blognya telah di daftarkannya ke GSC.



Namun, apakah kalau alamat blog tidak didaftarkan pada Google Search Console tidak akan terindeks? Jawabannya tidak, karena alamat blog yang tidak didaftarkan di Google Search Console masih bisa terindeks. Namun waktu yang dibutuhkan untuk mengindeksnya relatif sangat lama. Bahkan bisa sampai bertahun-tahun untuk blog yang masih baru.



Kalau usia blog yang digunakan telah berumur lama, kemungkinan kalau tidak didaftarkan ke Google Search Console mungkin waktu pengindeksannya cukup berbulan-bulan. Selain itu blog baru yang didaftarkan ke Google Search Console juga belum tentu langsung ke indeks dan butuh beberapa waktu juga. Namun masih lebih cepat daripada blog yang tidak didaftarkan ke Google Search Console sama sekali.



Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara mendaftarkan blog ke Google Search Console. Serta cara pendaftarannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan oleh seorang yang masih pemula juga. Oke, langsung saja kita mulai.



Pertama bukalah alamat web Google Search Console pada browser kalian. Dan setelah itu pilih menu tambahkan properti dengan memasukkan alamat url blog kalian atau juga bisa memasukkan alamat domain blog. Namun kali ini saya memilih yang menambahkan dengan alamat url blog saja. Serta nanti tampilannya kira-kira seperti pada gambar dibawah ini.
image



Kemudian kalian dapat mengklik kirim setelah mengetikkan alamat blognya. Dan setelah itu kalian akan disuruh untuk memverifikasi kepemilikan blognya. Serta untuk memverifikasinya ada beberapa cara. Namun kali ini saya memilih menggunakan tag html. Sebab cara termudahnya adalah menggunakan cara tersebut. Dan setelah itu pilih salin kode html yang akan kita tempelkan pada blog yang akan didaftarkan. Kira-kira tampilannya adalah seperti gambar berikut.
image



Setelah menyalin kodenya, maka kalian dapat pergi ke pengaturan blog kalian. Kalau kalian menggunakan blogger dapat memilih menu tema dan tempelkan kodenya di atas tag . Dan kali ini blog saya menggunakan Xtgem. Caranya pun sama, cukup menempelkannya pada tag sebelum .


Dan kalau di Xtgem pilihlah file pada bagian indeks yang terletak pada file direktori root Xtgem. Nanti setelah itu bukalah dalam bentuk mode editor dan kemudian tempelkan kodenya di atas tag . Dan setelah selesai kemudian pilih simpan atau save. Kira-kira nanti tampilannya akan seperti pada gambar berikut ini.
image
image



Kemudian setelah itu kalian dapat pergi ke web Google Search Console lagi dan mengklik verifikasi pada cara yang menggunakan tag HTML. Dan kira-kira tampilannya adalah seperti pada gambar di bawah ini.
image



Setelah itu blog kalian telah berhasil didaftarkan pada Google Search Console. Dan untuk mempermudah blognya cepat terindeks maka kalian dapat mengirimkan peta situs blognya ke Google Search Console. Untuk caranya kalian dapat membacanya pada link artikel di bawah ini.

Baca Juga :
Cara Membuat Sitemap pada Blog di Xtgem


Demikianlah penjelasan mengenai pendaftaran blog di Google Search Console. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. SEKIAN DAN TERIMA KASIH